$0D
Selamat Datang Di dunia-perjalanan.blogspot.com | Semoga Bermanfaat

Halaman

Klik Disini !

Sabtu, 30 Juli 2011

Semoga Mereka Mendengar


Malam ini bingung mau nulis apa, di temani tiupan angin yang membuat diriku kaku tak bisa berpikir, dan hanya sebatang rokok yang tersisa hmmm sangat mengenaskan, sama seperti keadaan negeri tercinta kita ini sungguh sangat mengenaskan. Kita semua benar-benar di bikin tidak karuan dengan banyaknya sampah-sampah negara yang membuat rakyat kita semakin sengsara, mereka semua hanyalah penghianat yang tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan selama ini, mereka hanya sampah yang seharusnya tak layak ada di bumi ini, merekalah yang membuat keadaan negeri yang sangat kaya ini menjadi sebuah negeri yang sangat mengenaskan di hadapan semua orang. Apa jadinya jika harta semua yang dimiliki negeri ini di curi habis-habisan oeh sampah-sampah seperti mereka???? Mereka di pilih untuk berbuat sesuatu yang benar-benar bisa merubah keadaan negeri ini menjadi lebih baik, bukan hanya sekedar main-main biasa. untuk apa sekolah tinggi bagi mereka, untuk apa gelar panjang yang terpampang di nama mereka, kalau semua itu tidak di gunakan dengan apa yang seharusnya mereka lakukan demi memperjuangkan kebaikan negeri ini, terutama kehidupan rakyat kita. "Dia adalah Para Koruptor", sampah negara yang harus di musnahkan.
Para koruptor hanyalah manusia biasa, tapi kelakuan mereka sungguh luar biasa, ucapan manis yang keluar dari mulut busuknya hanya omong kosong, hanya sebuah ucapan yang membuat sakit hati para rakyat biasa seperti kita. sungguh sangat di sayangkan negeri kita yang sangat kaya ini jika di kuasai orang-orang yang tak bertanggung jawab seperti mereka. Hati rakyat dibikin menangis dengan banyaknya para koruptor yang masih bisa tersenyum, masih bisa tertawa di atas penderitaan rakyat saat ini. Ironisnya lagi hilangnya ketidak adilan di negeri ini semakin melengkapi penderitaan, terbuktinya upaya para penegak hukum di negeri ini sangat lamban dalam menangani kasus korupsi ini, penegak hukum itu sendiri tidak bisa berbuat banyak, seakan-akan hukum sekarang hanya sebuah permainan yang bisa di perjual belikan, emangnya mainan bisa di beli??? Hukum itu sebuah peraturan yang tidak bisa dipermainkan, bukan hanya sekedar peraturan yang biasa-biasa saja, karena dengan adanya hukum, sebuah keseimbangan dan keselarasan akan tercipta di negeri ini. Kita sebagai rakyat biasa, hanya bisa berdoa semoga tidak ada lagi para koruptor yang lahir di bumi ini, marilah kita bersama-sama membuang sampah-sampah negara ini sejauh mungkin, agar rakyat di negeri ini bisa tersenyum bahagia, dan aku harap tidak ada jeritan tangis yang terdengar lagi dari rakyat kita. Aminnnn...

aku hanya orang biasa yang ingin berusaha melindungi negeri ini dari para penghianat negara.

Apakah anda setuju dengan tulisan yang ala kadarnya ini???
 

Kamis, 28 Juli 2011

Warna


Apa yang dimaksud dengan warna? Bagaimana warna dibuat?

Beberapa detail memiliki tempat yang penting dalam pikiran-pikiran manusia dan hal itu tak akan pernah berubah. Mari kita mulai dengan pohon-pohon, yang sangat kita kenal. Kemungkinan besar, warna pohon-pohon itu hijau atau berbagai corak warna hijau. Kita juga tahu bahwa pada musim gugur, dedaunan berubah warna. Mirip dengan itu, langit berwarna biru, nuansa abu-abu saat mendung atau kuning dan merah saat matahari terbit dan terbenam. Warna-warna buah tak pernah berubah; buah aprikot dan buah cerry yang kaya dan beraneka warna telah tertentu warnanya, dan selalu kita kenal. Setiap makhluk hidup dan setiap objek yang dipegang dibawah cahaya memiliki warna. Perhatikan baik-baik berbagai benda di sekeliling anda. Apa yang anda lihat? Meja, kursi, pepohonan yang terlihat dari jendela, langit, dinding rumah, wajah-wajah orang lain disekeliling anda, buah yang anda makan, buku yang anda baca saat ini… Masing-masing mempunyai warna yang berbeda. Pernahkah anda pikir bagaimana seluruh warna-warni ini dibentuk dan ditata?  

  1. Mari secara umum kita teliti apa yang diperlukan untuk pembentukan warna-warni yang memainkan peranan penting dalam kehidupan? Untuk pembentukan sebuah warna, misalnya, merah atau hijau, setiap proses berikut ini harus terjadi dan, lebih penting lagi, harus benar urutannya. Kondisi pertama yang diperlukan untuk pembentukan warna adalah adanya cahaya. Dalam hal ini, ada baiknya untuk mulai dengan memperhatikan sifat-sifat cahaya yang datang dari matahari.Untuk pembentukan warna-warna, cahaya yang datang dari matahari harus memiliki panjang gelombang tertentu untuk menghasilkan warna-warna.Bagian cahaya ini, yang dikenal sebagai "cahaya tampak", dibandingkan dengan semua cahaya lain yang dipancarkan oleh matahari adalah satu berbanding 1025. Ini hampir tak dapat dipercaya,  hanya sebagian kecil sekali dari cahaya matahari yang diperlukan untuk pembentukan warna-warna mencapai bumi.
  2. Sesungguhnya, sebagian besar sinar matahari yang disebarkan oleh matahari ke seluruh jagat raya mengandung beberapa karakteristik yang dapat merusak mata. Untuk itu, cahaya yang tiba ke bumi harus dalam suatu bentuk tertentu yang dapat dengan mudah dirasakan oleh mata dan tidak menyakitinya. Untuk itu, sinar-sinar ini harus melewati suatu penyaring. Penyaring raksasa ini adalah "atmosfir" yang meliputi bumi.
  3. Cahaya yang melewati atmosfir tersebar di seluruh muka bumi, dan saat menumbuk objek-objek yang ditemuinya, cahaya ini dipantulkan. Objek-objek tempat jatuhnya cahaya harus merupakan jenis yang tidak menyerap cahaya tetapi memantulkannya. Dengan kata lain, kualitas struktur objek-objek harus juga selaras dengan cahaya yang mencapai bumi agar warna dapat terbentuk. Kondisi ini juga dipenuhi dan gelombang cahaya baru dipantulkan dari objek-objek tempat menumbuknya cahaya yang datang dari matahari. 
  4. Langkah pokok lain dalam proses pembentukan warna adalah perlunya indera yang dapat menerima gelombang cahaya, yang tidak lain adalah mata. Adalah hal yang sangat pokok bahwa gelombang cahaya juga selaras dengan organ-organ penglihatan.
  5. Sinar yang datang dari matahari harus melewati lensa-lensa dan lapisan-lapisan mata dan kemudian diubah menjadi impuls-impuls syaraf di retina. Sinyal-sinyal ini kemudian harus diangkut ke pusat penglihatan pada otak, yang bertugas mengolah indera penglihatan.
  6. Ada satu langkah terakhir yang harus dipenuhi agar kita dapat 'melihat' warna. Tahap akhir dalam pembentukan warna-warna adalah penafsiran sinyal-sinyal listrik, yang masuk ke pusat penglihatan otak, sebagai "warna" oleh sel-sel syaraf yang sangat khusus yang terdapat di sana. 
Dari semua infomasi yang kita ketahui tentang warna, terlihat bahwa setiap proses yang terjadi selama pembentukan warna diatur dalam suatu kesetimbangan yang rumit. Tanpa adanya kesetimbangan ini, tidak bisa tidak, kita akan berada dalam suatu dunia gelap yang kabur, bukannya ada dalam dunia penuh warna-warni yang jelas, dan bahkan mungkin akan kehilangan kemampuan untuk melihat. Anggaplah diantara hal-hal tersebut di atas, ada satu – sel-sel syaraf yang merasakan sinyal-sinyal listrik yang dibangkitkan oleh retina – tidak ada. Cahaya matahari menjadi berada di luar spektrum tampak, selain itu juga bagian-bagian mata yang lain tidak akan berfungsi secara utuh, dan juga keberadaan atmosfir tidaklah akan cukup dan dapat menggantikan kekurangan ini. 

Peran Retina dalam Melihat
Marilah kita selidiki retina lebih dekat dan lebih detail. Anggaplah bahwa zat pewarna bernama "rhodopsin", yang bekerja pada retina, tidak ada. Rhodopsin adalah zat yang berhenti berfungsi saat cahaya terang benderang tetapi berfungsi kembali dalam kegelapan. Mata tak dapat melihat dengan jelas saat cahaya remang-remang kecuali jika sejumlah tertentu rhodopsin dihasilkan pada mata. Fungsi rhodopsin adalah untuk meningkatkan efisiensi dan dengannya mata membangkitkan impuls syaraf dari cahaya yang remang-remang. Zat ini dihasilkan sebanyak kebutuhan, tepat pada saat zat ini diperlukan. Saat kesetimbangan rhodopsin dapat terpelihara, citra-citra menjadi jelas. Apa yang akan terjadi jika rhodopsin, yang sangat berpengaruh dapat proses penglihatan, tidak ada? Jika hal itu terjadi, orang hanya mampu melihat dibawah cahaya terang. Dengan demikian terbukti bahwa ada sistem yang sempurna dalam mata, yang telah dirancang sampai dengan detail yang sekecil-kecilnya. 

Lalu, karya seni siapakah sistem ini, yang menyelamatkan kita dari kegelapan dan menyajikan sebuah dunia penuh warna kepada kita? 

Setiap tahap yang telah disebutkan sejauh ini meliputi suatu rangkaian proses-proses, yang memerlukan adanya kebijaksanaan, keinginan dan kekuasaan saat mereka diciptakan. Jelaslah bahwa tidak mungkin suatu rantai dari proses-proses yang hadir dalam keselarasan seperti ini terbentuk secara kebetulan. Juga tidaklah mungkin suatu sistem seperti ini terbentuk dengan berlalunya waktu. Hasilnya tak akan berubah sama sekali jika jutaan atau bahkan milyaran tahun dibiarkan berlalu. Sistem-sistem yang menghasilkan suatu dunia yang beraneka warna tidak akan pernah muncul secara kebetulan. Sistem-sistem sempurna seperti itu hanya dapat muncul sebagai hasil dari desain khusus, atau dengan kata lain mereka diciptakan. Allah memiliki cita rasa seni abadi dan kebijaksanaan yang meliputi seluruh jagat raya. Contoh-contoh dari cita rasa seni Ilahi dalam penciptaan yang tiada taranya tersebar di seluruh bagian jagat raya. Desain unik yang jelas terlihat dalam pembentukan warna pastilah juga hasil ciptaan Allah yang tak bersekutu. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.


Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atas mereka, bagaimana Kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit itu tidak mempunyai retak-retak sedikitpun ? (Q.S. Qaaf: 6)
"Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia." (Al-Baqarah: 117)

Bersyukurlah Kita yang masih diberi kenikmatan untuk melihat karya seni yang sangat menakjubkan dari Sang Khalik Allah S.W.T
Semoga semua ini menjadi pemikiran dan pembelajaran untuk menjadi manusia yang lebih baik, dan selalu bersyukur atas NikmatNya.


© Harun Yahya Internasional 2004.
www.harunyahya.com



Selasa, 26 Juli 2011

"SEMUT" HEWAN YANG SANGAT MENGAGUMKAN


Makhluk Tuhan Yang Sangat Mengagumkan
 

Kita membutuhkan panduan untuk menunjukkan arah ketika bepergian ke negara lain, atau ke kota lain. Apalagi jika kita tidak mengetahui tempat yang kita tuju, jelas kita harus memiliki sebuah kompas dan peta. Peta memperlihatkan pada kita di mana kita berada dan menunjukkan arah yang dituju. Kita menemukan jalan dengan menggunakan peralatan-peralatan ini, dan bertanya pada orang lain sehingga tidak tersesat Pernahkah kalian memikirkan bagaimana makhluk-makhluk lain menemukan jalan mereka? Pernahkah kalian berpikir bagaimana seekor semut yang mencari makan di tengah padang pasir dapat kembali lagi ke sarangnya tanpa tersesat? Semut-semut hitam yang mendiami pesisir pantai Laut Tengah di Tunisia adalah beberapa di antara makhluk-makhluk yang membangun sarang mereka di padang pasir. Semut-semut ini sangat ahli dalam menemukan jalan mereka di padang pasir yang begitu luas dan bisa kembali ke sarang mereka tanpa bantuan kompas ataupun peta. Begitu matahari terbit, suhu di padang pasir mencapai 70o C (158o F). Semut meninggalkan sarang untuk mencari makan di tengah teriknya hari. Setelah berulang kali berhenti dan berputar-putar, ia kemudian menjalani jalur berliku dalam wilayah yang jauhnya sekitar 200 meter (655 kaki) dari sarangnya. Kalian bisa melihat jalur ini pada peta. Tapi jangan berpikir bahwa semut itu akan tersesat karena jalur yang berliku-liku ini. Sekali ia menemukan sumber makanan, semut akan mengikuti arah yang lurus dan kembali ke sarangnya. Kalau dibandingkan dengan ukuran semut yang sangat kecil, perjalanan semut ini kira-kira sama jauhnya dengan perjalanan seorang manusia yang berjalan pulang pergi dengan arah lurus setelah menjelajah sejauh 35 sampai 40 kilometer dari suatu titik di padang pasir. Bagaimana mungkin semut itu berhasil melakukan tugasnya yang pasti tidak mungkin dilakukan manusia? Tidak mungkin semut menemukan arahnya dengan melihat benda-benda. Tanda-tanda dan penunjuk jalan seperti pohon, bebatuan, sungai, atau danau yang membantu seseorang menemukan arah sangat jarang terlihat di padang pasir. Di mana-mana hanya pasir semata. Kalau pun ada tanda-tanda, tetap akan sama saja karena tidak mungkin seekor semut dapat mengingat tanda-tanda ini, untuk mengingat tempat mereka berada dan menggunakannya untuk menemukan jalan. Dengan memikirkan kejadian tersebut dengan cara seperti ini, kita akan dapat memahami dengan lebih baik, betapa hebatnya tugas yang dilakukan semut. Semut dapat mengerjakan tugas sulit ini berkat bentuk tubuh istimewa yang dianugerahkan kepadanya. Ada suatu sistem penentuan arah yang istimewa pada mata semut. Sistem yang ditempatkan Allah dalam mata semut ini lebih maju dibanding alat-alat mekanik untuk menentukan arah. Karena mampu menerima beberapa cahaya yang tidak bisa kita terima, semut dapat menentukan arah dan mengetahui di mana utara dan selatan. Berkat kemampuan ini, tidaklah sulit bagi semut untuk memperkirakan letak sarangnya, dan kembali ke sana. Manusia terlambat menyadari sifat-sifat cahaya. Namun, semut telah mengetahui dan memanfaatkan salah satu sifat cahaya yang tidak diketahui oleh manusia, sejak semut terlahir ke dunia. Sudah pasti, bentuk sempurna seperti mata semut ini tidak mungkin muncul karena kebetulan-kebetulan yang terjadi secara acak. Mata semut harus tetap seperti itu sejak semut itu ada. Jika tidak, semut tidak akan dapat kembali ke sarangnya di tengah panasnya gurun, dan tidak dapat bertahan. Pastilah mata seluruh semut gurun telah dilengkapi dengan sistem ini sejak hari pertama mereka muncul ke dunia. Allah, Yang Maha Mengetahui, menciptakan mata ini untuk mereka.

Apakah kita semua pernah berfikir bahwa semut mempunyai kelebihan yang sangat menakjubkan???
Kita sebagai Manusia yang di berikan kesempurnaan oleh Allah, janganlah kita sakiti makhluk yang kecil itu “Semut”
Semut termasuk makhluk Allah yang sangat mengagumkan marilah kita saling melindungi.
 

 

Senin, 25 Juli 2011

Software Bajakan di Indonesia


Nilai komersial software tanpa lisensi yang diinstal pada PC ataupun Notebook di Indonesia telah mencapai rekor U$$1,32 miliar pada tahun 2010, menunjukkan bahwa 87% program yang diinstal pada PC ataupun Notebook di Indonesia adalah produk tanpa lisensi. Jumlah kerugian tersebut adalah tujuh kali lipat dari nilai kerugian pada tahun 2003, dimana pada saat itu di Indonesia telah mencapai U$$157 juta. Pada tahun 2009, sebanyak 86% software yang diinstal pada komputer di Indonesia diperoleh secara ilegal dengan nilai mencapai U$$886 juta. Hal ini merupakan sebagian temuan Studi Pembajakan Software Global 2010 oleh Business Software Alliance (BSA)yang mengevaluasi status pembajakan software global. Studi pembajakan software global ini adalah studi yang dilakukan oleh BSA bersama IDC (International Data Corporation)untuk kedelapan kalinya. IDC adalah sebuah lembaga penelitian dan penganalisis pasar terkemuka di industri bidang IT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggabungkan 128 input data terpisah dari 116 negara dan wilayah di seluruh dunia. Penelitian tahun ini juga mencakup hal baru, yaitu survei opini publik pengguna komputer terhadap sikap dan perilaku sosial yang terkait dengan pembajakan software, yang di lakukan oleh Ipsos Public Affairs. Survei tersebut juga menunjukkan banyaknya pengakuan bahwa software berlisensi lebih baik daripada software bajakan karena lebih aman dan terpercaya. Masalahnya adalah banyak pengguna komputer yang tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang cara mendapatkan software berlisensi secara benar, misalnya dengan membeli software yang berlisensi tunggal untuk kemudian diinstal dan digunakan pada beberapa komputer atau men-download program dari jaringan P2P (Peer To Peer). Mereka tidak memahami apakah hal-hal tersebut merupakan hal yang legal atau tidak. Studi Pembajakan Software Global 2010 mencakup pembajakan atas seluruh software yang berjalan pada PC ataupun Notebook, termasuk dekstop. Ini mencakup sistem operasi, sistem software, seperti database dan paket keamanan, serta applikasi software dengan software gratis yang sah dan software open source yang tercakup dalam ruang lingkup penelitian.

Apakah di tahun 2011 akan meningkat, atau mengalami penurunan??? Kita semua berharap akan lebih baik, kita tunggu saja !!!

Sumber : PcMedia 06/2011

Minggu, 24 Juli 2011

Stylish Blogger Award




Hemm mungkin gambar ini cocok buat diri ane sekarang !!! Ane lagi di landa kebingungan nih, ada yang tau kenapa??? :D
Sekedar mau berbagi pengalaman aja nih buat sobat blogger semua, mungkin sobat blogger ada yang belum tau tentang apa yang namanya "Stylish Blogger Award"
awalnya sama seperti ane, mungkin bertanya-tanya apa sih Stylish Blogger Award itu??? buat sobat yang udah tau, bahkan yang udah pernah mendapatkannya jangan ketawain ane yah hehehehe maklum nih ane masih newbe.
Sebenernya kebingungan ane muncul dari tadi malem, pas ane lg buka ini blog ternyata di ShoutMix ada sebuah pesan yang beda dari sobat blogger yang laen, mau tau apa isi pesan itu???? ternyata sebuah kata yang mengejutkan ane ini dia isi pesannya "kunjungan malam.. :) met malem mingguan ya :) mohon diambil awardnya" ane kaget nih, award apa yah yang harus di ambil??? nah ane tanya tuh ma sobat ane yang kasih award itu, ternyata sebuah pengharggan buat yang beruntung, Alhamdulillah ane termasuk dari 5 orang yang beruntung mendapatkan award itu. ini dia penampakannya




dan yang lebih istimewa lagi ane dapet award itu dari seorang blogger wanita yang bernama vheytha sekali lagi makasih buat vheytha yang udah pilih ane buat menjadi salah satu yang beruntung.
nah sekarang ane mau berbagi nih buat sobat ane yang beruntung, ane kasih juga Stylish Blogger Award. dan yang beruntung adalah
1. mastok kenari,yang udh menyempatkan buat follow me.
2. arieshadi, karena postingan tentang menulis dari sobat ini, ane mulai berani untuk mencoba menulis kata demi kata.
3.Lintas Fotografi, yang udah banyak membantu.
4.Mas Gurit, abang satu ini yang pertama kali pasang link ane di blognya.


Buat yang belum mendapatkannya sabar dulu ya.



Lihat Kartu Ucapan Lainnya
(KapanLagi.com)

Sabtu, 23 Juli 2011

10 Distro Linux yang terkemuka




UBUNTU

Distro ini pertama kali rilis pada bulan september 2004. Meskipun relatif pendatang baru dikancah peredaran distro linux, ubuntu telah berkembang menjadi distro dekstop linux yang paling populer dan menyumbangkan kontribusi yang besar bagi pengembangan OS linux itu sendiri karena distro ini sangat user friendly. Edisi Ubuntu yang beredar di pasaran yaitu: Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Ubuntu Studio, Mythbuntu, dan Edubuntu.

openSUSE

Awal permulaan openSUSE sejak dari tahun 1992 ketika empat penggemar linux dari jerman (Roland Dyroff, Thomas Fehr, Hubert Mantel dan Burchard steinbild) meluncurkan sebuah proyek bernama SuSE (Software und System Entwicklung) Linux. Edisi yang tersedia saat ini: openSUSE dan SUSE Linux Enterprise.

FEDORA

Meskipun Fedora secara formal booming tahun 2004, tetapi sebenarnya sudah mulai ada sejak tahun 1995 ketika Fedora diluncurkan oleh dua fungsionaris linux Bob Young dan Marc Ewing di bawah panji-panji redHAT Linux. Edisi yang tersedia: Fedora dan Red Hat Enterprise.

DEBIAN GNU/LINUX

Distro ini pertama kali diumumkan tahun 1993. Pendirinya Ian Murdoct membayangkan penciptaan dari pengembangan proyek non-komersil sepenuhnya dari ratusan pengembang sukarelawan di waktu sengangnya. Distro yang tersedia: Debian beserta turunannya (Mepis, Ubuntu, Sidux, Damn Small Linux, Knoppix, dreamlinux, Elive dan Xandros).

MANDRIVA

Mandriva linux diluncurkan oleh Gael Dupal bulan juli 1998 di bawah nama Mandrake Linux. Mandriva mempunyai fitur yang menarik dan bisa diimplementasikan dengan sangat baik di prosesor x64 bit.

LINUX MINT

Linux mint sebuah distro linux berbasis ubuntu. Pertama kali di rilis oleh Clement Levebre pada tahun 2006. Ia seorang pakar IT kelahiran prancis tetapi menetap dan bekerja di Irlandia. Linux Mint bukan hanya sekedar pengembangan dari ubuntu tetapi juga sebuah kumpulan aplikasi terbaru dari ubuntu sendiri.

PCLinuxOS

Pertama kali diperkenalkan oleh Bill Reynold pada tahun 2003 dikenal dengan sebutan “texstar”. Sebelum menciptakan distro sendiri, texstar sudah dikenal sebagai pendiri komunitas mandrake linux. Selain PclinuxOS sendiri ada beberapa distro yang tersedia yaitu: MiniMe, Junior dan BigDaddy.

SLACKWARE LINUX

Distro slacware linux diciptakan oleh Patrick Volkerding pada tahun 1992, slackware adalah distro linux yang paling tertua yang masih bisa bertahan. Cabang dari proyek SLS yang terhenti, slackware 1.0 datang dengan 24 floppy disk dan dibangun/diciptakan di atas kernel linux versi 0.99pl11-alpha. Slackware dengan cepat menjadi distro linux yang paling populer, dengan perkiraan pasar sebanyak 80% dari semua instalasi linux pada tahun 1995. Beberapa distro Slackware yang disarankan adalah: Zenwalk Linux, Vektor Linux, Slax, Wolvix, GobinX.

GENTO LINUX

Konsep dari Gento Linux telah direncanakan sekitar tahun 2000 oleh Daniel Robbins pendahulu Atampede Linux dan pengembag FreeBSD. Gento linux didesain untuk power user, aslinya instalasinya sangat susah dan membosankan. Membutuhkan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk mengkompile baris perintah untuk membangun distro linux yang komplit.

CentOS

Diluncurkan pada akhir tahun 2003, CentOS adalah hasil rancangan sebuah komunitas dengan tujuan pembangunan kembali source code untuk redhat enterprise linux (REL) ke dalam sebuah pemasangan distro linux dan untuk menyediakan update keamanan dengan cepat untuk semua paket software.

FREEBSD

FreeBSD adalah keturunan langsung dari AT&T UNIX, mempunyai sejarah panjang dan bergolak sekitar tahun 1993. Freebsd tidak sama dengan distro linux yang lain, yang mendefinisikan sebagai solusi software yang terintegrasi terdiri dari kernel linux dan ribuan software aplikasi, freeBSD adalah sebuah sistem operasi yang digabungkan dengan ketat yang dibangun dari sebuah BSD kernel dan yang disebut “userland” (oleh karena itu dapat digunakan meskipun tanpa ekstra aplikasi). Distro FreeBSD (yang juga disarankan penggunaannya) antara lain: PC-BSD, Dekstop BSD, Free SBIE(live cd), Open BSD, NetBSD, DragonFlyBSD dan MidnightBSD.

Apakah Anda tertarik mencoba dari salah satu distro di atas????

Jumat, 22 Juli 2011

Pengenalan Pemrograman C dan C++




Sejarah Singkat Bahasa C

Bahasa Pemrograman C++ dikembangkan di Bell Lab pada awal tahun 1970-an. Bahasa itu di turunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu bahasa B yang diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL. Awalanya bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem operasi UNIX. Pada perkembangannya, versi ANSI(American National Standart Institute) C menjadi versi yang dominan. Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan-pengembangan baru, tetapi versi itu masih banyak dipakai dalam beberapa pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded.

Sejarah Singkat Bahasa C++

Bjarne Stroustrup pada Bell Lab pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (Low Level Coding) pada C++ ditambahkan konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading.

Perbedaan Antara C dan C++

Meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama, tetapi memiliki perbedaan. C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian atas suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil. Selain itu C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat OOP (Object Oriented Programming). Untuk menyelesaikan masalah C++ melakukan langkah pertama dengan mendefinisikan class-class yang merupakan a.-class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari objek-objek fisik. Class tersebut berisi keadaan objek, anggota-anggotanya, dan kemampuan dari objeknya. Setelah beberapa Class dibuat, masalah dipecahkan menggunakan class.

Sumber : Dasar Pemrograman C++ Hanif Al Fatta, S.Kom

Kamis, 21 Juli 2011

The World’s Top Reference Software Programs

The World’s Top Reference Software Programs


Why should a computer have a good reference software program? It is because a professional reference program will be more credible than something that can be found on a typical website. This is especially true because many leading authorities work to compile reference software that is up to date and accurate. Here is a look at some of the top reference software programs. Some of these work as simple dictionaries or encyclopedias, but others can work for other services like travel or taxes.

Microsoft’s Encarta series of virtual encyclopedias has been seen as one of the top reference software programs of all time. It is updated every year, and it even allows for free updates for certain users. This program can be easily integrated with other programs in the Microsoft Office series, including Word and PowerPoint. Web search assistance for more information on topics in the encyclopedia is also featured through Encarta.

Some of the top reference software programs includes dictionaries that can help with not only the English language but also various other foreign languages. While English language dictionaries from groups as Random House and Oxford are available there are foreign language programs that can help educate people on how to speak different languages. Rosetta Stone’s foreign language programs are among the top reference software programs in that thirty different languages are covered. These languages range from common ones like Spanish and French to languages like Hebrew and Welsh.

Some of the top reference software programs work to educate people on computer processes. Learn2, which is located at tutorials.com, has all sorts of programs that teach users about how to use certain computer processes. This includes using Microsoft Office programs, Lotus spreadsheet programs and even basic computer use lessons.

There are programs that are popular for travel planning too. Unlike a typical atlas, one of these programs can give detailed instructions on how to get from one point to another with information on all sorts of hotels, restaurants and other attractions on the way. Microsoft Streets and Trips is the most popular program in this category. Not only does this include updated information but it also allows for free online updates regarding construction and GPS compatibility.

The last of the types of top reference software programs involves that of tax preparation software. Every year the federal tax code will change and several new things will appear in the code. To keep up with all of these changes it is important that the right reference software programs be used for this. In fact, the best ones will help a user to find out new information that can help to get the person to save money on taxes or to get a greater return.

TurboTax and TaxCut are clearly the most popular tax reference programs available. These programs work to help educate people on tax law changes and can help them with filing their taxes without having to go to a local tax specialist. This can definitely help get a person to save money.

Those are some of the top reference software programs to choose from. Not only do these top reference software programs help to provide education through standard dictionary and encyclopedia services but they can also help to educate people on foreign languages. Those who do not know how to use a computer can be helped through tutorial software, and even trip and tax planning can be handled. These types of reference programs are ones that all computer users should consider having.

PPPPP

Word Count 589

Pancasila Constitution of Indonesia (NKRI)


Pancasila education foundation
 1. Historical foundation of Pancasila Education
  • The process of nation-building history of Indonesia (Prehistoric, Ancient Empire, Islamic Empire, colonialism, the struggle for independence, freedom dstnya)
  • History formulation of Pancasila as the state (since the trial BPUPKI I to the present)
2. Cultural foundation
  • Facts culture and philosophy of life of Indonesia which is a view of life, purpose to live together in a country, that every nation has its own characteristics.

3. Philosophical foundation
  • Pancasila as the state philosophy and philosophical outlook of Indonesia, is a moral imperative to consistently make it happen in every aspect of social life, state and nation.
4. Juridical foundation
  • The opening of the 1945 para II (Ideals of Indonesia) and para IV (goals and aspiration for independence)
  • Law no. 2 of 1989 on National Education System Law No. jo. 20 of 2003
  • PP. 60 of 1999 on Higher Education article 13 paragraph (2)
  • DGHE No. SK. 265/DIKTI/kep/2000 (Completion Curriculum)
  • DGHE No. SK. 38/DIKTI/Kep/2002 of signs-signs Implementation Personality Development Course

1.National Objectives nation Indonesia
  • Protect the entire Indonesian nation and the entire homeland of Indonesia
  • Promote the general welfare
  • Feeding Banga life
  • Participate establishment of world order (fourth paragraph of the Preamble of the 1945 Constitution)
2. The purpose of National Education
  • The development potential of learners in order to become human:
  • faithful and devoted to God Almighty
  • noble
  • healthy, knowledgeable, capable, creative, independent
  • be a citizen in democratic and accountable
Educational Objectives Pancasila
  • Directing attention to the expected moral manifest in everyday life, ie behavior that radiates faith and piety towards Almighty God in a society composed of various denominations and diverse cultural interests, behaviors that support democracy that promotes the common good above individual interests and groups so that differences in thinking, behavior directed at supporting efforts to achieve social justice for all people of Indonesia (Decree No. DGHE. 265/DIKTI/Kep./200)
  • Pancasila Education aims to produce students behave and act:
  1. faithful and devoted to God Almighty
  2. berperikemanusian a fair and civilized
  3. support the national unity
  4. popular support that gave priority to common interests above the interests of individuals and groups
  5. support efforts to achieve a social justice in society
Competence Pancasaila education aims to dominate
  • thinking ability
  • be rational
  • dynamic
  • broad-minded as a man of intellectual
  • deliver the student has the ability to take a responsible       attitude according to his conscience
  • recognize the problem of life and well-being and ways of solving
  • recognize the changes and development of science and technology
  • interpret historical events and cultural values ​​of national unity to raise Indonesia

Rabu, 20 Juli 2011

UNIFIED MODELLING LANGUAGE

UNIFIED MODELLING LANGUAGE     Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah "bahasa" yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.  

UML mendefinisikan diagram-diagram berikut ini : 
  • use case diagram    
  • class diagram   
  • behaviour diagram : statechart diagram, activity diagram  
  • interaction diagram : sequence diagram, collaboration diagram 
  • component diagram   
  • deployment diagram 
Use case diagram

    Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. 

 
Use Case Diagram
 
Class Diagram

  • Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi).

  • Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Class memiliki tiga area pokok :

1. Nama (dan stereotype)
2. Atribut
3. Metoda
 
Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut :

  • Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan

  • Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya

  • Public, dapat dipanggil oleh siapa saja 

StateChart Diagram

  • Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram). 
StateChart Diagram
 
Activity Diagram

  • Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.

  • Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.
Activity Diagram


Sequence Diagram

  • Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).

  • Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan
Sequence Diagram


Collaboration Diagram

  • Collaboration diagram juga menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message. Setiap message memiliki sequence number, di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1. Messages dari level yang sama memiliki prefiks yang sama.

 
Component Diagram

  • Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) di antaranya.

  • Komponen piranti lunak adalah modul berisi code, baik berisi source code maupun binary code, baik library maupun executable, baik yang muncul pada compile time, link time, maupun run time. Umumnya komponen terbentuk dari beberapa class dan/atau package, tapi dapat juga dari komponen-komponen yang lebih kecil. Komponen dapat juga berupa interface, yaitu kumpulan layanan yang disediakan sebuah komponen untuk komponen lain.

 
Deployment Diagram
  • Deployment/physical diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem, di mana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal

  • Sebuah node adalah server, workstation, atau piranti keras lain yang digunakan untuk men-deploy komponen dalam lingkungan sebenarnya. Hubungan antar node (misalnya TCP/IP) dan requirement dapat juga didefinisikan dalam diagram ini.
Deployment Diagram



Langkah-langkah Penggunaan UML (1)
  • Buatlah daftar business process dari level tertinggi untuk mendefinisikan aktivitas dan proses yang mungkin muncul.

  • Petakan use case untuk tiap business process untuk mendefinisikan dengan tepat fungsionalitas yang harus disediakan oleh sistem. Kemudian perhalus use case diagram dan lengkapi dengan requirement, constraints dan catatan-catatan lain.

  • Buatlah deployment diagram secara kasar untuk mendefinisikan arsitektur fisik sistem.     
  • Definisikan requirement lain (non-fungsional, security dan sebagainya) yang juga harus disediakan oleh sistem. 
  • Berdasarkan use case diagram, mulailah membuat activity diagram.
Langkah-langkah Penggunaan UML (2) 
  • Definisikan objek-objek level atas (package atau domain) dan buatlah sequence dan/atau collaboration diagram untuk tiap alir pekerjaan. Jika sebuah use case memiliki kemungkinan alir normal dan error, buatlah satu diagram untuk masing-masing alir. 

  • Buarlah rancangan user interface model yang menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk menjalankan skenario use case.

  • Berdasarkan model-model yang sudah ada, buatlah class diagram. Setiap package atau domain dipecah menjadi hirarki class lengkap dengan atribut dan metodanya. Akan lebih baik jika untuk setiap class dibuat unit test untuk menguji fungsionalitas class dan interaksi dengan class lain.

  • Setelah class diagram dibuat, kita dapat melihat kemungkinan pengelompokan class menjadi komponen-komponen. Karena itu buatlah component diagram pada tahap ini. Juga, definisikan tes integrasi untuk setiap komponen meyakinkan ia berinteraksi dengan baik.

Langkah-langkah Penggunaan UML (2) 
  • Perhalus deployment diagram yang sudah dibuat. Detilkan kemampuan dan requirement piranti lunak, sistem operasi, jaringan, dan sebagainya. Petakan komponen ke dalam node.

  •  Mulailah membangun sistem. Ada dua pendekatan yang dapat digunakan
  1. Pendekatan use case, dengan meng-assign setiap use case kepada tim pengembang tertentu untuk mengembangkan unit code yang lengkap dengan tes.
  2. Pendekatan komponen, yaitu meng-assign setiap komponen kepada tim pengembang tertentu.

  • Lakukan uji modul dan uji integrasi serta perbaiki model berserta codenya. Model harus selalu sesuai dengan code yang aktual

  • Piranti lunak siap dirilis. 
Selamat Belajar ^_^


Sumber : perkuliahan ADSI STMIK ASIA     






Pemrograman C++ "FUNGSI-FUNGSI STRING"


1. Fungsi toupper
Mengubah huruf kecil menjadi huruf besar
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<ctype.h>
main()
{
char nama[20];
int kredit, nk;
char nilai;
clrscr();
printf("Menghitung Nilai Kumulatif");
printf("\n\nNama Mahasiswa : ");gets(nama);
printf("Nilai (A-E) : ");scanf("%c",&nilai);
printf("Banyak kredit : ");scanf("%d",&kredit);
nk = kredit * (69-toupper(nilai));
printf("\n\nNilai Kumulatif : %d",nk);
getch();
}

2. Fungsi strupr
Mengubah semua huruf kecil yang ada di dalam sebuah string menjadi huruf besar
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<string.h>
main()
{
char nama[20];
clrscr();
printf("Masukkan Nama : ");gets(nama);
printf("Hasil dari fungsi strupr adalah \"%s\" ",strupr(nama));
getch();
}

3. Fungsi strlwr
Mengubah semua huruf besar yang ada di dalam sebuah strng menjadi huruf kecil.
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<string.h>
main()
{
char nama[20];
clrscr();
printf("Masukkan Nama : ");gets(nama);
printf("Hasil dari fungsi strlwr adalah \"%s\" ",strlwr(nama));
getch();
}

4. Fungsi strlen
Menghitung panjang string.
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<string.h>
main()
{
char a[20];
clrscr();
printf("Masukkan Nama : ");gets(a);
printf("Panjang string \"%s\" adalah %3d",a,strlen(a));
getch();
}

5. Fungsi strcpy
Menyalin sebuah string ke string lain.
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<string.h>
main()
{
char nama1[20],nama2[20];
clrscr();
printf("Masukkan Nama Pertama: ");gets(nama1);
printf("Masukkan Nama Kedua : ");gets(nama2);
strcpy(nama1,nama2);
printf("\nHasil dari fungsi strcpy adalah \"%s\" ",nama1);
getch();
}

6. Fungsi strcmp
Membandingkan dua buah string.
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<string.h>
main()
{
char str1[20],str2[20];
int hasil;
clrscr();
printf("String Pertama : ");gets(str1);
printf("String Kedua : ");gets(str2);
hasil = strcmp(str1,str2);
if (hasil > 0) printf("\n\nstr1 > str2...");
else
if (!hasil) printf("\n\nSama...");
else printf("\n\nstr1 < str2...");
getch();
}

7. Fungsi strchr
Mencari posisi pertama dari sebuah karakter pada sebuah string.
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<string.h>
main()
{
char nama[20];
char *p;
clrscr();
printf("Masukkan Nama : ");gets(nama);
p=strchr(nama,(int) 't');
printf(p);
getch();
}

8. Fungsi strcat
Menggabungkan dua buah string.
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<string.h>
main()
{
char nama1[20],nama2[20];
clrscr();
printf("Masukkan Nama Pertama: ");gets(nama1);
printf("Masukkan Nama Kedua : ");gets(nama2);
strcat(nama1,nama2);
printf("\nHasil dari fungsi strcpy adalah \"%s\" ",nama1);
getch();
}

9. Fungsi isdigit
Menghasilkan bilangan bukan nol jika parameter yang dipakai adalah salah satu dari digit angka(0-9). Jika tidak, hasilnya adalah nol.
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <ctype.h>
#include <stdlib.h>
main()
{
clrscr();
char key[4];
int umur,tlahir;
printf("Masukkan Tahun Lahir [4 digit]: ");gets(key);
if (isdigit(key[0])&&isdigit(key[1])&&isdigit(key[2])&&isdigit(key[3]))
{
printf("Ok angka semua...!\n");
tlahir=atof(key);
printf("Tahun Lahir %d\n",tlahir);
umur=2007-tlahir;
printf("Umur = %d",umur);
}
else
printf("Salah Bos Masukkan angka aja ok...!");
getch();
return 0;
}

10. Fungsi atof
Mengubah sebuah string menjadi bilangan real(floating point).
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<stdlib.h>
main()
{
char strbil[20];
double bil;
clrscr();
printf("Masukkan sebuah bilangan: ");gets(strbil);
bil=atof(strbil);
printf("Bilangan hasil konversi : %6.31f",bil);
getch();
}

Tertarikkah untuk mempelajarinya???

Sumber:Perkuliahan Pemrograman C++ STMIK ASIA  
 

David Blog Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger