$0D
Selamat Datang Di dunia-perjalanan.blogspot.com | Semoga Bermanfaat

Halaman

Klik Disini !

Sabtu, 16 Juli 2011

Sistem Operasi Linux Ubuntu



Ubuntu adalah sebuah kumpulan komputer berbagai program dan dokumen-dokumen yang dibuat oleh ribuan individu, tim dan perusahaan. Tiap-tiap Mei datang bekerja di bawah lisensi yang berbeda. Lisensi kebijakan ini menjelaskan proses yang kita ikuti dalam menentukan perangkat lunak yang kami akan mengirimkan secara default pada Ubuntu Desktop CD.

Semua perangkat lunak di Ubuntu utama dan berlisensi harus dibatasi dengan cara yang kompatibel dengan kebijakan kami lisensi. Ada banyak definisi 'bebas' dan' software bebas', jadi kita termasuk kita sendiri mengatur pedoman.

Ubuntu "utama" Komponen lisensi Kebijakan
Semua aplikasi perangkat lunak yang disertakan dalam Ubuntu komponen utama:
·         Harus menyertakan kode sumber. Komponen utama yang ketat dan non-negotiable kebutuhan aplikasi perangkat lunak yang disertakan di dalamnya harus datang penuh dengan kode sumber.
·         Harus membolehkan modifikasi dan distribusi diubah salinan di bawah lisensi yang sama. Hanya memiliki kode sumber tidak menyampaikan kebebasan sama memiliki hak untuk mengubahnya.
·         Ubuntu "utama" dan "dibatasi" Komponen lisensi Kebijakan

Semua aplikasi utama di kedua perangkat lunak dan dibatasi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Harus membolehkan kembali. Anda berhak untuk menjual atau memberikan software sendiri, atau sebagai bagian dari agregat distribusi perangkat lunak, adalah penting karena:
    • Anda, pengguna, harus dapat lulus pada perangkat lunak apapun yang diterima dari Ubuntu di salah satu sumber atau kode dikompilasi formulir.
    • Sedangkan Ubuntu tidak akan dikenakan biaya lisensi untuk distribusi ini, Anda mungkin juga ingin biaya untuk mencetak Ubuntu CD's, atau membuat sendiri disesuaikan versi Ubuntu yang Anda jual, dan harus memiliki kebebasan untuk melakukannya.
  • Tidak boleh meminta pembayaran royalti atau biaya lainnya untuk kembali atau perubahan.
  • Harus membolehkan hak-hak yang akan disampaikan bersama-sama dengan perangkat lunak. Anda harus memiliki hak yang sama untuk software seperti yang kita lakukan.
  • Tidak boleh melakukan diskriminasi terhadap orang atau kelompok terhadap bidang usaha.
  • Tidak boleh didistribusikan di bawah lisensi khusus untuk Ubuntu. Hak-hak yang melekat pada perangkat lunak tidak boleh bergantung pada program menjadi bagian dari sistem Ubuntu.
  • Harus tidak mencemari lisensi perangkat lunak lainnya.


Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.

Sejarah linux

Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakan kompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux. Perkembangan Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC.
Pada awal perkembangannya, source code Linux disediakan secara bebas melalui Internet. Hasilnya, sejarah Linux merupakan kolaborasi banyak user dari seluruh dunia, semuanya dilakukan secara eksklusif melalui Internet. Dari kernel awal yang hanya mengimplementasikan subset kecil dari sistem UNIX, sistem Linux telah bertumbuh dimana sudah mampu memasukkan banyak fungsi UNIX.
Kernel Linux perlu dibedakan dari sebuah sistem Linux: kernel Linux merupakan sebuah perangkat lunak orisinil yang dibuat oleh komunitas Linux sedangkan sistem Linux, yang diketahui saat ini, mengandung banyakkomponen yang dibuat sendiri atau dipinjam dari proyek lain.
Sedangkan Ubuntu adalah ideologi etis Afrika Selatan yang berpusat pada kesetiaan masyarakat dan hubungan antara satu sama lain. Kata Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa. Ubuntu (diucapkan "oo-BOON-too") dipandang sebagai konsep tradisional Afrika, yang dianggap sebagai salah satu asas pendirian republik baru Afrika Selatan dan terhubung dengan ide kebangkitan kembali Afrika. Terjemahan singkat dari makna Ubuntu adalah "rasa perikemanusiaan terhadap orang lain"

Komponen

Kernel

Kernel adalah inti dari program, yang berfungsi menjalankan fungsi fungsi OS dan mengatur perangkat keras seperti hardisk dan printer. Versi kernel Linux terdiri dari tiga segmen : Major, Minor, Revision number. Major number berubah jika terjadi perubahan secara besar besaran dalam kernel. Minor number menandakan kestabilan dari kernel versi tersebut. Sedangkan Revision Number menunjukan versi perbaikan. Terkadang jika anda menerapkan patch kernel, maka patch number di bagian akhir versi kernel tersebut.
Kernel Linux pertama yang dipublikasikan adalah versi 0.01, pada tanggal 14 Maret, 1991. Sistem berkas yang didukung hanya sistem berkas Minix - kernel pertama dibuat berdasarkan kerangka Minix. Tetapi, kernel tersebut sudah mengimplementasi proses UNIX secara tepat.
Tanggal 14 Maret, 1994, versi yang merupakan tonggak sejarah Linux yaitu versi 1.0 keluar. Rilis ini adalah kulminasi dari tiga tahun perkembangan yang cepat dari kernel Linux. Fitur baru terbesar yang disediakan adalah jaringan: 1.0 mampu mendukung protokol standar jaringan TCP/IP.

Environtment

Environtment yang dimaksud adalah sekumpulan layanan yang menyediakan antarmuka antara kernel dengan user. Selanjutnya environtment ini sering disebut juga dengan istilah interpreter(penerjemah). Environtment digunakan untuk menerjemahkan perintah yang diketikan oleh user dan mengirimkan perintah tersebut ke kernel. Linux menyediakan environtment seperti Windows Manager (WM) dan Commond Live Interface/Shell (CLI). Setiap user di mesin Linux yang sama, mengatur environtment sesuai dengan keinginan mereka.

Strukture Direktori

Struktur file yang dimaksud adalah cara Linux mengorganisasikan file-file yang tersimpan di media penyimpanan. File-file tersebut di organisasikan ke dalam direktori-direktori , dan direktori-direktori tersebut akan terdapat pula subdirektori-subdirektori yang berisi file-file, demikian seterusnya.

Secara bersama-sama, ketiga komponen diatas, kernel, environtment dan struktur file akan membentuk dasar sebuah OS, dan dengan ketiganya pula kita dapat menjalankan program, menyimpan file dan berinteraksi dengan system.

Aplikasi

Ubuntu in your local language.

Ubuntu bertujuan untuk dapat digunakan oleh sebanyak mungkin orang, oleh karena itu mengapa kami menggunakan bahasa local dan prasarana aksesibilitas bahwa komunitas perangkat lunak bebas tawarkan.

Help and support

Anda dapat menemukan bantuan dengan menggunakan browser atau desktop online.

and easy updates

Quick Task bar berisi pembaruan daerah di mana kami akan memberitahukan bila ada update yang tersedia untuk sistem anda, dari sederhana perbaikan keamanan yang lengkap untuk versi upgrade.

Music and videos

Rhythmbox media player memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan anda untuk dengan mudah menyimpan, mencari dan menelusuri perpustakaan musik Anda dan mendengarkan radio internet. Anda juga dapat melihat film atau video menggunakan Totem, yang dilengkapi dengan playlist$2C

Office tools with OpenOffice.org and more!

OpenOffice.org menyediakan semua fungsi yang Anda harapkan dari aplikasi kantor yang kuat dan dalam format yang telah mendapat sebagian besar pengguna untuk digunakan selama bertahun-tahun
Pengolah kata. Salah satu aplikasi yang paling terkenal di dunia adalah sama-sama akrab pengalaman dalam OpenOffice.org. Banyak jalan pintas yang telah membantu Anda menjadi produktif dan dapat*ditemukan di sana adalah dasar dari semua peralatan yang diperlukan untuk menghasilkan kualitas profesional dokumentasi.
Spreadsheet. Tidak selalu yang menyenangkan tetapi pasti sebuah alat penting yang datang akhir bulan. OpenOffice.org Spreadsheet yang kaya fitur yang memungkinkan Anda akses penuh ke berbagai trik dan teknik menghemat waktu yang telah dibangun selama bertahun-tahun.
Presentasi. Berwarna-warni, animasi, proyeksi canggih, mudah - dampak apa yang Anda inginkan dalam presentasi pembina OpenOffice.org akan memungkinkan Anda untuk mencapai itu.

Efisiensi

Desainer dari CPU dan sistem operasi berusaha meningkatkan kinerja dari sistem. Disamping membuat prosesor, memori semakin cepat, jalan terbaik adalah manggunakan cache. Berikut ini adalah beberapa cache dalam managemen memori di linux:
1.       Page Cache
Digunakan untuk meningkatkan akses ke image dan data dalam disk.
2.       Buffer Cache
Page mungkin mengandung buffer data yang sedang digunakan oleh kernel, device driver dan lain-lain.
3.       Swap Cache
Hanya page yang telah ditulis ditempatkan dalam swap file. Selama page ini tidak mengalami perubahan setelah ditulis ke dalam swap file, maka saat berikutnya page di swap out tidak perlu menuliskan kembali jika page telah ada di swap file.

Manajemen Proses

Linux mengatur semua proses di dalam sistem melalui pemeriksaan dan perubahan terhadap setiap struktur data task_struct yang dimiliki setiap proses. Sebuah daftar pointer ke semua struktur data task_struct disimpan dalam task vector. Proses akan berakhir ketika ia memanggil exit(). Kernel akan menentukan waktu pelepasan sumber daya yang dimiliki oleh proses yang telah selesai tersebut.
Setiap proses di Linux memiliki status. Status proses merupakan array dari flag yang mutually exclusive. Setiap proses memiliki tepat satu keadaan (status) pada suatu waktu. Status tersebut adalah:
·   TASK_RUNNING
Pada status ini, proses sedang atau pun siap dieksekusi oleh CPU.
·   TASK_INTERRUPTIBLE
Pada status ini, proses sedang menunggu sebuah kondisi. Interupsi, sinyal, atau pun pelepasan sumber daya akan membangunkan proses.
·   TASK_UNINTERRUPTIBLE
Pada status ini, proses sedang tidur dan tidak dapat dibangunkan oleh suatu sinyal.
·   TASK_STOPPED
Pada status ini proses sedang dihentikan, misalnya oleh sebuah debugger.
·   TASK_ZOMBIE
Pada status ini proses telah berhenti, namun masih memiliki struktur data task_struct di task vector dan masih memegang sumber daya yang sudah tidak digunakan lagi.

Manajemen I/O

Salah satu tujuan OS adalah menyembunyikan kerumitan device hardware dari sistem penggunanya.\

Komunikasi

Untuk mengatur kegiatan proses mereka perlu saling berkomunikasi. Linux mendukung berbagai mekanisme komunikasi antar proses (KAP).

Keamanan

Kelebihan Linux

·    Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
·    Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
·    Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien.
·    Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti

Kekurangan Linux

·    Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
·    Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
·    Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba OS Ubuntu???? 

Sumber : Perkuliahn Sistem Operasi STMIK ASIA  


0 komentar:

Posting Komentar

 

David Blog Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger